Searching...
Monday, April 28, 2014

Mengenal Parkit di Alam

6:27 PM
Burung parkit merupakn hewan yang dikenal masyarakat luas karena memiliki bulu yang indah, suaranya yang merdu, dan tingkah lakunya yang menarik. Hal itu telah menyebab kankita ingin memilikinya.
Parkit yang dikenal sebagai burung peliharaan ini merupakan keluarga dai Psittacidae. Burung parkit mempunyai sebutan latin yaitu Melopsittacus undulates. Melopsittacus berasal dari bahasa Yunani, melos yang berarti nyanyian dan psittacus yang merupakan sebutan bagi kerabat burung betet. Sedangkan undulus dari bahasa latin yang berarti corak.
Di alam bebas parkit hidup berkoloni dan berkebang biak pada bulan Oktober-Desember. Biasanya mereka menempati hutan Eucalyptus tang berbatasan dengan anak sungai, padang rerumputan, semak belukar yang kering, dan daerah padang terbuka. Mereka hidup berpindah-pindah, menyesuaikan persediaan air dan biji rerumputan sebagai sumber makannannya. Di alam liar burung ini membuat sarang di semak-semak atau di pohon.



Saat musim kawin, jantan akan menyanyi dengan nada rayuan untuk memikat sang betina. Burung ini di kenal juga dengan kesetiaannya terhadap pasangannya. Saat si betina bertelur maka si jantan akan menunggu di luar sarang sambil bersiul menghibur sekaligus akan mengusir apabila ada pengganggu.
Selesai bertelur, induk betina akn mengerami telur-telurnya. Parkit jantan tidak ikut dalam proses ini. Pejantan hanya mengirim makanan dari luar sarang untuk betinanya. Biasanya proses ini berlangsung selama 17 hari, Dan setelah itu telur menetas.
Telur-telur itu tidak semuanya menetas, telur yang tidak menetas bukan berarti telur yang tidak terbuahi, tetapi karena kemampuan induk untuk mengeram terbatas.

Dihabitat aslinya, burung ini hanya mempunyai satu jenis warna, yaitu hijau-kuning. Warna kuning dibagian kepala, dan selebihnya berwarna hijau. Setelah di pelihara manusia warna burung parkit berkembang. Untuk membedakan jantan dan betina tidak sulit. Si jan tan memiliki warna unggu di hidungnya, sedangkan betina tidak.

nah sobat, sekarang anda mengertikan.. 

0 komentar:

Post a Comment